Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Pengidap Kanker Hati

Hindari makanan ini bagi penderita kanker hati
Hindari makanan ini bagi penderita kanker hati

Mengatur dan menjaga pola makan sudah merupakan bagian penting dari penyembuhan kanker hati, pola makan yang sesuai dan tepat dapat membantu pengidap kanker hati untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menyerap nutrisi yang memadai adalah kunci untuk meningkatkan peluang kesembuhanpengobatan yang dilakukan.
Tidak semua makanan dapat dikonsumsi oleh pengidap kanker hati, ada beberapa yang tidak dianjurkan untuk dimakan karena memicu pertumbuhan sel kanker, dan ada juga yang dianjurkan, berikut makanan dan penjelasannya:
1. Makanan yang mengandung lemak tinggi dapat memicu pertumbuhan sel kanker semakin cepat karena mendapatkan zat yang bersifat radikal bebas, seperti daging merah (sapi, kambing, babi), jeroan, es krim, susu full cream, mentega, keju, gorengan, dan yang mengandung santan. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh akan menyebabkan kerja hati menjadi lebih berat untuk menyaring dan membuang dari dalam darah sehingga resiko terkenan kanker hati semakin tinggi.
2. Sayuran yang menimbulkan gas di dalam tubuh seperti kecambah (tauge), sawi putih, lobak, kangkung, cabai, kacang merah, dan kol mengeluarkan gas senyawa CO2 atau karbon dioksida yang menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan sulit menyerap nutrisi dari pengobatan yang dilakukan.
3. Buah-buahan yang mengandung alkohol seperti durian, lengkeng, nangka dapat merangsang berkembangnya sel kanker di dalam tubuh dan merangsang aktivitas di alam bawah sadar sehingga jumlah oksigen dalam tubuh menurun.
4. Ikan asin yang diolah dari bahan tidak segar akan mengalami penguraian sehingga menjadi bahan allergen yang mengundang reaksi imunitas tubuh dan hati harus bekerja lebih berat untuk mendetoks racun.
5. Seafood seperti udang, cumi, kerang, kepiting mengandung kadar kolesterol tinggi juga menyebabkan kinerja hati menjadi berat dan memicu tumbuhnya sel kanker.
6. Daging unggas yang dibesarkan dari peternakan modern biasanya disuntik hormon pertumbuhan agar cepat besar, apabila zat anabolic tersebut dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh tentu akan mempercepat pertumbuhan sel kanker.

Baca juga pengobatan alami kanker hati yang sangat manjur dan tanpa ada efek samping.
Setelah kita mengetahui apa saja yang tidak boleh kita konsumsi karena makanan tersebut dapat memicu percepatan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kita dan menghambat proses pengobatan yang dilakukan, ada baiknya tentu kita harus menahan diri untuk mengkonsumsi makanan yang disebutkan di atas agar penyakit yang di alami tidak semakin parah. Demikian artikel ini dibuat semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam mencegah dan mengobati penyakit kanker hati.

sumber : www.mayoclinic.org

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *